Rabu, 24 September 2014

Pembudidayaan Ikan Lele


Usaha budidaya ikan lele merupakan usaha yang mudah untuk dijalankan, Karena permintaan ikan lele yang tinggi dan bisa menjadi komoditas ekspor. Pembudidayaan ikan lele lebih mudah dari pembudidayaan ikan tawar lain seperti ikan emas atau mujaer karena ikan lele lebih tahan terhadap penyakit. Pembudidayaan ikan lele bisa dipanen dalam waktu sekitar 1,5 bulan atau tergantung musim. Ikan lele juga sangat digemari konsumen karena dagingnya lunak, tidak bertulang, sedikit berduri, dan murah meriah. Untuk pembudidayaan ikan lele terdapat 2 macam kolam yang digunakan yaitu Bak dan Kubangan.
                      
                       Penyakit ikan lele biasa disebabkan oleh kondisi air yang jelek, suhu air tidak seimbang, dan dimakan oleh burung. Kondisi air yang jelek disebabkan oleh jamur dan bakteri lainnya. Maka dalam menjaga kesehatan ikan lele diutamakan untuk menjaga kebersihan air. Apabila bibit ikan lele sudah terlanjur terkena penyakit maka dianjurkan untuk melakukan pengobatan. Air kolam yang terkena jamur bisa diberi formalin untuk menghilangkan jamurnya.

                        Pada proses pembenihan indukan lele dipilih yang tidak cacat dan ukuran tubuh 5-10 cm. Penyeleksian terhadap calon indukan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Indukan yang anak dipijah diletakkan di dalam kolam. Kolam yang digunakan untuk indukan lele dipakai sampai induk lele matang. Beri pakan 5 kali sehari untuk indukan lele. Indukan lele yang sudah matang akan dipindahkan untuk dipijah. Kolam pemijahan diberi saringan untuk tempat telur. Ciri-ciri lele betina yang sudah matang yaitu gerakan yang lambat, warna tubuh merah kecoklatan, perut membesar, dan apabila diurut perutnya keluar telur ikan. Ciri-ciri lele jantan yang sudah matang yaitu gerakan yang lincah, tubuhnya ramping, warna tubuhya merah kecoklatan dan alat kelaminnya memerah.

                             Usaha pembudidayaan ikan lele adalah usaha yang mudah untuk dijalani. Apabila berjalan dengan baik maka bisa menghasilkan omset yang sangat besar.
                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar